Friday 11 August 2017

Manfaat Pergi Liburan Untuk Tumbuh Kembang Anak



Manfaat Pantai Untuk Tumbuh Kembang Anak

Bunda pasti sudah melihat jatah liburan di kalender 2017 ini ya? kok rasanya sayang ya kalau kita tidak manfaatkan untuk pergi liburan bersama keluarga.
Dari pada hilir mudik tidak karuan, lebih baik kita merencanakan tujuan liburan yang tepat. Jaraknya tidak terlalu jauh, agar waktu yang singkat terasa cukup dan tidak membuat anak-anak kelelahan.

Manfaat pergi liburan untuk tumbuh kembang anak

Anak tidak membutuhkan uang dari orangtua mereka. Walau anak-anak sekolah dan makan perlu biaya, ini bukan kebutuhan mereka, melainkan kewajiban orangtua untuk mengasuh anak-anak mereka. Anak merupakan titipan Tuhan, saya rasa Bunda sekalian lebih mengerti tentang hal ini. pergi liburan memiliki manfaat tersendiri untuk tumbuh kembang anak.


saat orangtua mengajak anak pergi liburan, maka hati mereka akan riang, senang bukan main. Disini orangtua sedang melakukan parenting yang baik karena telah berusaha membahagiakan anaknya. Anak-anak bisa merasakan kesenangan yang tidak dipaksakan. Bila kita mengajak pergi ke tempat wisata alam, seperti memperkenalkan alam pantai, gunung atau tempat penangkaran hewan ini tentu akan bermanfaat dan menambah wawasan mereka. Maka mereka juga tidak akan melupakan liburan seru yang orangtua berikan kepada mereka.

Berikut ini beberapa manfaat membawa anak bermain ke pantai:
•    Anak dapat belajar banyak hal-hal baru
Di usia anak yang sedang bertumbuh dan berkembang, mereka cenderung belajar banyak dari lingkungan di sekitarnya. Dengan membawanya ke pantai, anak bisa mempelajari banyak hal untuk memperluas pengetahuan dan meningkatkan kecerdasannya.
•    Bermanfaat bagi kesehatannya
Udara pantai bermanfaat baik bagi kulit. Selain itu kelembaban udara di pantai juga baik bagi anak yang memiliki masalah pernafasan karena udara bersih di lautan lepas sangan baik untuk paru-paru si kecil yang sedang berkembang. Ditambah lagi asupan sinar matahari pagi di pantai yang merupakan sumber vitamin D yang sangat baik bagi tumbuh kembang anak.
•    Melatih kemampuan motorik dan sensorik anak
Ada banyak kegiatan yang dapat dilakukan di pantai misalnya dengan bermain pasir. Anak dapat membedakan tekstur pasir kering dan basah yang akan merangsang kemampuan sensori nya. Kreativitas anak juga akan terasah dengan mencoba membentuk pasir menjadi bermacam-macam sesuai dengan imajinasi anak.

•    Memberi kesempatan bagi anak untuk bersosialisasi dan beradaptasi di lingkungan asing
Anak sering kali takut dengan lingkungan yang baru dikenalnya. Dengan mengajaknya ke pantai, ia akan mengetahui ada lingkungan asing namun menyenangkan. Ini bermanfaat bagi anak agar tidak mudah merasa takut pada lingkungan baru yang asing.  Selain itu di pantai anak juga akan mendapat kesempatan untuk bertemu teman-teman baru. Saat bermain pasir bersama temannya, anak akan belajar bagaimana cara bersosialisasi dan bekerjasama.
•    Melatih rasa ingin tahu anak
Anak-anak merupakan makhluk yang penuh rasa ingin tahu. Di lingkungan terbuka seperti pantai, anak-anak mendapatkan ruang bebas untuk mengeksplorasi dirinya dan mencari tahu banyak hal. Mereka akan memenuhi rasa penasaran menyentuh pasir dan merasakan bagaimana kaki mereka menyentuh air laut. Pengalaman seperti ini sangat berharga bagi anak-anak dan mereka akan mengenangnya sebagai hal yang menyenangkan.

Apakah bunda tertarik untuk mengajak si kecil bermain di pantai? Karena bermain dan belajar untuk anak tidak melulu harus mahal dan merepotkan. Dengan membawa si kecil mengeksplorasi alam bebas saja mereka bisa belajar dan mendapatkan manfaat yang sangat banyak.
(SR**)

Related Posts

Manfaat Pergi Liburan Untuk Tumbuh Kembang Anak
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.